1. Data Base merupakan
kumpulan data yang saling berhubungan. Hubungan antar data dapat ditunjukan
dengan adanya field/kolom kunci dari tiap file/tabel yang ada.
2. Tab Create secara umum digunakan untuk pembuatan
objek baru dan atribut yang dibutuhkan dalam suatu database. Dengan tab Create,
user bisa membuat tabel baru serta atribut pendukungnya, yang nantinya akan
digunakan untuk memasukkan record baru. Dua hal yang paling inti dalam sebuah
database adalah form (formulir) dan report (laporan). Kedua hal itu bisa dibuat
dengan memanfaatkan fungsi icon yang terdapat di tab Create ini.
Tab Create terdiri dari empat group perintah. Yaitu: (1)
Tables, (2) Forms, (3) Report, dan (4)
Other. Semuanya akan dijelaskan pada bahasan berikut ini.
A. Group Tables
Group Tables terdiri dari 5 icon perintah: Table,
Table Templates, SharePoint Lists, dan Table Design.
Icon perintah Table digunakan untuk membuat
tabel database baru. Selanjutnya user pada tabel kosong baru. Hal pertama
mengisi tabel tersebut dengan record, user perlu memberi nama field (judul
tabel di sebelah atas). Untuk memberi nama pada tiap field, klik dua kali field yang diinginkan. Adapun
field yang tidak diinginkan, cukup kosongi saja, maka secara otomatis field
kosong tersebut akan terhapus oleh sistem. Sedangkan icon Table Templates
digunakan untuk membuat tabel database baru berdasarkan contoh-contoh yang sudah
tersedia di MS Access 2007. Dengan menggunakan icon perintah ini user
mendapatkan kemudahan dalam pembuatan database. User tinggal memilih salah satu
contoh yang telah tersedia. Kemudian user hanya perlu melakukan kustomisasi
seperlunya. Icon Sharepoint Lists digunakan untuk membuat
daftar titik penyimpanan data yang sedang dibuat.
Adapun icon Table Design digunakan untuk digunakan untuk merancang
tabel yang dibutuhkan dalam suatu database. Icon ini merupakan pengaturan
tingkat lanjut dari icon Table. Dengan icon Table Design, user bisa mengatur
atribut table dari database aktif sehingga setiap field bisa diset dengan tipe
data tertentu.
B. Group Form
Group Form terdiri dari 7 icon perintah: Form, Split Form,
Multiple Items, PivotChat, Blank Form, More Form, dan Form Design.
1.
Icon Form digunakan untuk membuat formulir database baru.
2.
Split Form digunakan untuk suatu formulir sehingga menjadi dua
formulir yang berbeda.
3.
Multiple Items digunakan untuk membuat form yang bisa menampilkan
isi database yang telah dimasukkan.
4.
PivotChat digunakan untuk membuat grafik berdasarkan suatu
database.
5.
Blank Form digunakan untuk membuat formulir yang kosong sehingga
user bisa mendesain sendiri suatu formulir yang diinginkan.
6.
More Form digunakan untuk digunakan untuk menampilkan daftar
perintah yang diguakan untuk memilih daftar form lainnya.
7.
Form
Design digunakan untuk mendesain form sesuai dengan keinginan user.
C. Group Reports
Group Reports secara umum digunakan untuk
pembuatan laporan (report), terdiri dari 5 icon perintah: Report, Labels, Blank
Repot, Report Wizard, Report Design.
1.
Report digunakan untuk membuat format laporan dalam versi standar
MS Access 2007
2.
Labels digunakan untuk membuat label dari database yang sedang
aktif.
3.
Blank Report digunakan untuk membuat format laporan yang kosong
sehingga user bisa membuat format laporan yang diinginkan.
4.
Report Wizard digunakan untuk membuat format laporan berdasarkan
tuntunan yang disediakan dalam MS Access 2007.
5.
Report
Design digunakan untuk merancang format laporan sesuai dengan keinginan user.
D. Group Other
Group Other terdiri dari 3 icon: Query Wizard, New object: Query,
dan Macro.
1.
Query Wizard digunakan untuk membuat query berdasarkan tuntunan
yang disediakan dalam MS Access 2007 sehingga user bisa dengan mudah dalam
membuat sebuah query
2.
New Object: Query digunakan untuk membuat query baru sesuai dengan
keinginan pengguna.
3.
Macro digunakan untuk membuat objek macro, merupakan tool yang
digunakan untuk membuat perintah tertentu pada sebuah database.
- A. Untuk membuat Report (lembaran laporan) database
tentunya harus ada tabel atau form yang dibuat sebelumnya. Data Report
database adalah data yang bersumber dari data yang input pada tabel/form
database yang sengaja didesign saling berhubungan mengikat.
Gambar:
Report Database Microsoft office access
|
Cara membuat report database dalam
microsoft Access dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut, yaitu:
- Klick pada nama file
tabel yang akan dibuat lembaran laporan database. Data yang tampil dalam
form berikut ini merupakan kelanjutan bahasan dari artikel sebelumnya
- Klick kanan Create
pada menu lalu pilih Report Wizard
- Pada tampilan Form
Report Wizard klick seperti petunjuk panah merah.
- Klick Next
- Klick 2 kali pada
konten Tahun sebagai group level agar Tahun Masuk dapat bagian atas Form
Report Wizard sebagai alat yang akan menyortir data report berdasarkan
tahun.
- Klick Next
- Klick Next
- Klick Next
- Klick Finish
Inilah hasilnya dari tahapan-tahapan yang
dijelaskan di atas.
B. Query atau
disebut juga dengan queries yaitu :
"Suatu
nama yang diberikan berupa string untuk digunakan oleh bahasa pemrograman, yang dimanfaatkan untuk
pengaksesan database.
Pengakses dapat mengases data yang diperlukan untuk mendapatkan informasi.
Dengan adanya Query ini, merupakan kemudahan bagi suatu bahasa pemrograman
terhadap kompatibilitas akses terhadap database tersebut. Query ini suatu
extracting data dari suatu database dan menampilkannya untuk pengolahan lebih lanjut."
- pertama2
buatlah database dengan nama "penjualan"
- selanjutnya
buatlah tabel dengan struktur dibawah inidan beri nama "produk"
Field
Name
|
Data
Type
|
Field Size
|
kd_barang
|
Text
|
5
|
nm_barang
|
Text
|
30
|
harga
|
currency
|
-
|
jml_beli
|
number
|
-
|
ttl_harga
|
currency
|
-
|
- selanjutnya
mari buat query untuk mengisi ttl_harga agar secara otomatis dapat terisi
ketika selesai mengisi harga dan jml_beli. cara membuat query adalah
dengan memilih menu Create, di bagian other terdapat pilihan untuk membuat
query yaitu query wizard dan query design. perbedaan dari dua pilihan ini adalah pada
langkah demi langkah yang dilakukan ketika membuat query. disini saya akan
menjelaskan cara membuat query dengan pilihan kedua yaitu query design
- klik
query design, maka akan muncul kotak dialog show table seperti gambar dibawah ini
- klik nama tabel yang
ada didalam kotak dialog show table (behubung disini baru dibuat 1 tabel,
maka yang tampil hanya satu tabel saja) kemudian klik add, maka tabel akan
pindah ke area query1. kemudian klik close.
- pada area query1
terdapat bagian seperti tabel dibagian bawah. keterangan dari setiap
barisnya adalah sebagai berikut :
Field : Nama Field yang ingin ditampilkan
Table : Nama Table dari Filed tersebut
Sort : Mengurutkan Data hasil query
Show : Mengatur Field ditampikan atau tidak
Criteria : Syarat dari data yang ingin ditampilkan - nah, field disini akan
diisi dari data tabel yang tadi dipilih. langkah selanjutnya adalah
memasukan semua field yang ada pada tabel produk ke dalam query.caranya
dengan mendouble klik setiap field satu persatu maka secara otomatis field
akan berpindah.
- langkah
selanjutnya mari qta buat rumus untuk ttl_harga, caranya adalah klik kanan
pada field ttl_harga kemudian pilih build. atau bisa juga dengan cara,
letakan cursor pada ttl_harga, pilih menu design dan klik menu Builder.
maka akan keluar kotak dialog Expression Builder. seperti
gambar dibawah ini
- masukan
rumus dengan cara mengetik diarea expression builder tersebut. karena
sumber query tadi diambil dari tabel maka untuk memudahkan, double klik
folder Tables, klik table yang dibutuhkan, lihat di area sebelahnya,
carilah harga kemudian double klik harga tersebut sampai field berpindah
ke bagian rumus. klik tanda kali (*) selanjutnya double klik field
jml_beli, maka pada area expression builder tersebut akan terlutis :
ttl_hrg: [produk]![harga] * [produk]![jml_beli]
- kemudian
klik ok
- langkah
terakhir adalah mengetest apakah rumus pada query tersebut sudah berjalan
dengan baik atau belum. cara pengetesannya adalah dengan mengklik Run
(simbol tanda seru merah) pada menubar.
- coba
anda input data sembarang, jika rumus sudah benar, maka ketika harga dan
jml_beli sudah diinput secara otomatis ttl_harga akan terisi sesuai dengan
data yang diinput tadi. jika blom muncul juga, coba cek kembali rumus yang
tadi di masukan pada expression builder.
- save
query yang telah dibuat.
C.
Untuk membuat Report tentunya harus ada tabel atau form yang dibuat yang telah
diinput data seperti yang dibahas sebelumnya. Silahkan melihat Cara Membuat
Aplikasi - MS Access 2007. Oke.... sekarang kita coba membuat Report database
dengan Report Wizard tapi sebelumnya buka kembali File yang dipraktekan oleh
Lenga (teman).
Cara
membuat report aplikasi database dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
- Klick kanan Create
pada menu lalu pilih Report Wizard
- Pada tampilan Form
Report Wizard klick seperti petunjuk panah merah.
3.
Klick Next
- Klick 2 kali pada
konten Tahun sebagai group level agar Tahun Masuk dapat bagian atas Form
Report Wizard sebagai alat yang akan menyortir data report berdasarkan
tahun.
5. Klick Next
6.
Klick Next
7. Klick Next
8. Klick Finish
Inilah
hasilnya dari tahapa-tahapan yang dijelaskan di atas.
4. Langkah-langkah Membuat Database
menggunakan Microsoft Office Access 2007
1. Pastikan ms office sudah anda install
2. Pilih Ms access 2007
buat folder
kemudian pilih format file(mdb). karena nantinya kita akan menghubungkan access
dengan Delphi (Postingan selanjutnya). setalah
sudah di pilih tinggal klik ok
6. Pilih Create
7. Pilih
table1, klik kanan pilih design view isi nama table: misalnya (club)
8.
kemudian isi table dengan berapa field yang anda inginkan, misalnya seperti ini
9. Di sini saya
menggunakan 7 field (no, arsenal, Real Madrid, Chelsea ,
Barcalona, MU, Valencia ).
ganti field sizenya pada field Properties sesuai Keingginan anda
10. Klik
table (club) pilih open Isi Field dengan bebera Record
11. kemudian
Save. liat hasilnya di mana anda menyimpan file tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar